Setelah 3 hari di Surabaya (sabtu-senin) akhirnya mamaku balik ke Denpasar. Oiya aku belum cerita kalau sabtu kemarin adikku yang cewek, tiwit (begitu orang rumah memanggilnya) dateng ke Surabaya sama mamaku.

Ada acara apa mangnya ? si tiwit ni ikut tes masuk UNAIR lewat jalur prestasi. Setelah lolos seleksi pmdk (jujur aku gak ngerti birokrasinya gimana) akhirnya si tiwit ni bisa ikut tes masuk UNAIR. Pilihan pertama jatuh pada Fakultas Kedokteran trus kedua .. apa ya .. ilmu kesehatan masyarakat klo ga salah. Diantara 3 bersaudara, saya, tiwit, dan si komang …. tiwit ini yg paling bagus otaknya. Kalau otak saya … yah tau sendirilah … bisa naek kelas aja dah seneng …😀 kalau si koming …. pinter cuma lebih keliatan malesnya.

Oiya, tiwit ni juga pernah ikut tes masuk di Universitas Udayana (UNUD), kalau di UNUD, semakin besar uang sumbangannya semakin besar peluang keterima ..😀 yah biasalah .. kedokteran UNUD. Tau dari mana ? Yah, wong belum apa-apa yang harus kita jawab itu adalah ‘berapa besar nanti sumbangan pembangunan kalau keterima ?’ bukannya menjawab pertanyaan tes, malah jawab yg begituan.

Memang tidak heran, wong temen saya SMA (cewek) yang tidak berotak saja bisa masuk kedokteran unud, tapi memang dia orangnya super kaya raya. Dulu wkt sma, kerjaannya dugem, dandan, salon, gak pernah tau yg namanya buku pelajaran … mmmm … pulpen aja gak bawa😀 (oiya dia selalu pinjem pulen di aku, gak pernah dibalikin) . Tapi berkat duit ortunya , bisa masuk UNUD.

Jujur ja, klo di Bali (daerah lain mungkin juga) urusan sogok menyogok (apalagi di kalangan pemerintah) memang sudah biasa. Jadi kalau sudah maenannya ke pemerintah, harus ada anggaran biaya sogok. Intinya, saya lebih yakin liat anak kedoteran UNUD pake speda motor daripada anak kedokteran UNUD bawa mobil .. kenapa ? kemungkinan besar yang pake mobil itu masuk pake duit. Gak di DO ? yah kalau mau di DO tinggal sogok lagi biar ga jadi di DO. Benarkah itu ? yah, itu rahasia umum kaleee.

Kembali ke adikku, si tiwit. Mama pulang tapi tiwit tetep disini untuk menunggu pengumuman hasil tes. Kan bisa diliat di internet ? memang sih, tapi pengen ja lihat-lihat univ lain di surabaya. Sekalian si tiwit ini menikmati fasilitas internet gratis yang di di kontrakanku😀 hihihi … coba deh cek blognya dia di http://dwriting.blogspot.com